Wolfram|Alpha – Computational Knowledge Engine

Anda mungkin sudah mengenal wolfram sebagai produsen Mathematica, aplikasi komputasi simbolik atau dikenal juga dengan sebutan CAS. Tapi kali ini bukan mengenai CAS, tetapi Wolfram|Alpha, mesin pencari yang dikembangkan oleh wolfram atau yang disebut oleh wolfram sebagai Computational Knowledge Engine. Alih-alih memberikan halaman web yang telah dicrawl seperti google atau mesin pencari lain, Wolfram Alpha memberikan hasil dalam bentuk informasi yang telah diolah.

Sebagai Contoh, jika kita mencari “semarang” hasil yang ditampilkan adalah jumlah populasi kota dan bukan halaman-halaman yang berhubungan dengan semarang. saya sendiri belum mencoba lebih lanjut dan mencoba membandingkan informasi yang disajikan dengan informasi lain bisa jumlah penduduk menurut BPS.


Tentunya karena wolfram melakukan pengolahan data, kebutuhan komputasi yang dibutuhkan oleh wolfram untuk memberikan hasil sebuah pencarian menjadi lebih kompleks. Google sebagai search engine dengan pengguna terbesar mulai melihat perkembangan wolframalpha. dengan data halaman yang telah diindeks sampai saat ini, sejarah pencarian yang dilakukan user, dan preferensi pencari terhadap hasil yang disajikan cukup mudah rasanya bagi google untuk membuat layanan serupa.

Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.