homebrew package management

Package Management di Mac Dengan Homebrew

Kalau anda pengguna Windows, aplikasi diambil dari situs atau CD/DVD installer masing-masing aplikasi dan memiliki installer nya masing masing yang bisa anda next, next 🙂 Apabila anda pernah menggunakan Linux anda tentu familiar dengan package management yang akan mengambil aplikasi dari pusat kumpulan aplikasi atau yang disebut repository dan melakukan instalasi (untuk beberapa aplikasi termasuk konfigurasi). Dua package management yang paling banyak digunakan adalah apt-get yang digunakan Debian dan turunannya dan yum yang digunakan Red Hat dan turunannya.

Bagaimana dengan Mac? Tenang, anda tetap bisa melakukan instalasi dengan mudah aplikasi yang anda butuhkan menggunakan Homebrew package management.

Instalasi Homebrew

Untuk melakukan instalasi homebrew anda bisa menggunakan perintah dibawah ini :

ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

Menggunakan Homebrew

Setelah instalasi selesai anda bisa menggunakan command brew. Sebagai contoh untuk melakukan instalasi wget (ya, MacOS X hanya memiliki curl secara default), anda bisa menggunakan perintah :

brew install wget

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi sistem anda karena brew akan melakukan semua instalasi di foldernya sendiri di /usr/local/Cellar dan akan membuat symlink untuk binary di /usr/local/

Muhammad Panji

Muhammad Panji. Full time Dad of Muhammad Avicenna Al-Khawarizmi, husband of Riris Retno Widati (@ririsretno), part time Technologist. Currently work as Senior Systems Enginner at Ice House.

2 thoughts on “Package Management di Mac Dengan Homebrew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *